LAPORAN MPW ICMI ORWIL SUMBAR, MUSWIL, 10 MARET 2018


LAPORAN MPW ICMI ORWIL SUMBAR, MUSWIL, 10 MARET 2018

Assalamualaikum Wr. Wb


I. MUKADDIMAH.
Alhamdulillah, Majelis Pimpinan Wilayah Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia, Organisasi Wilayah (MPW ICMI Orwil) Sumatera Barat dapat mempertahankan dan melanjutkan eksistensi organisasi sampai hari ini.
Itu semua berkat kegigihan kepengurusan yang sudah berjalan hampir 11 tahun sejak kepengurusan sekarang hasil Muswil November 2006 dan dilantik pada bulan Januari  2007 di Aula Fekon Unand Jati 77 Padang.
Pada hari ini ICMI Orwil Sumbar melaksanakan Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-4  (2007-2018) setelah berturut-turut ada Muswil sebelumnya membentuk kepengurusan wilayah (1) 1990-1995;  (2) 1995-2000;  (3) 2000-2007.  
Selanjutnya Muswil kali ini secara khusus Orwil berterimakasih kepada Prof. Dr. Tafdil, Rektor Unand  dan segenap civitas akademika yang telah menjadi tuan rumah Muswil dengan seluruh perlengakapan dan fasilitasnya .
Terimaksih pula kepada panitia dan segala pihak yang telah membantu menyukseskan . Selanjutnya terimakasih kepada semua peserta Orwil, Orda, dan Batom yang telah hadir dan ikut Muswil ini.
Laporan singkat berikut meliputi mukaddimah, keorganisasian, program kerja yang dilaksanakan, keuangan dan hubungan institusional dan fungsional MPW selama priode 2007-2018, kesimpulan dan penutup.

II. KEORGANISASIAN
            Yang dimaksud dengan keorganisasian dalam laporan ini adalah keberadaan MPW ICMI Orwil Sumbar sebagai organisasi bagian dari keseluruan organisasi ICMI Indonesia di Provinsi Sumbar. Menyangkut kelembagaan tingkat wilayah dengan format serta formasi personalia struktural-fungsionalnya.
MPW ICMI Orwil Sumbar periode sekarang adalah hasil Muswil November 2006 yang dilantik Januari 2007. Orwil mempunyai jajaran ke bawah dengan  formasi tingkat Kota dan Kabupaten yang disebut Organisasi Daerah (Orda) dan Organisasi yang berada di lembaga pendidikan tinggi, universitas, institut, sekolah tinggi dan akademi yang disebut Organisasi Satuan (Orsat).
Selanjutnya mengikuti struktur formasi tingkat Pusat atau MPP ICMI Orpus, di Orwil Sumbar ada pula Badan Otonom (Batom)  atau sayap ICMI Orwil yaitu Majelis Sinerji Kalam (Masika) dan Batom gerakan enterepreneur wanita muslimah ICMI yang disebut Alisa Khadijah, PINBUK (Pusat Inkubasi Bisnis dan Usha Kecil) dan  Bea Siswa Orbit.
Di tingkat wilayah (Orwil) dan daerah (Orda) kepengurusan ICMI terdiri atas Dewan Penasihat, Dewan Pakar dengan Komisi-komisi, Majelis Pengurus dengan  Divisi-divisi  dan pada Orda disebut Bagian-bagian. Selain itu secara organisatoris ICMI Orwil Sumbar amat besar saham dan bantuan yang diperoleh dari Universitas Andalas.
Antara lain pusat kegiatan organisasi atau secretariat. Sejak awal berdirinya ICMI di Sumbar 1990 sampai dengan sekarang (2018), dan mudah-mudahan sampai seterusnya, diberi hak pakai atau mungkin pinjaman, menggunakan sayap luar gedung aula, Kampus I Unand Jl Perintis Kemerderkaan yang terkenal dengan sebutan Jati 77 atau Fekon (istilah dulu) Unand.



Selanjutnya, daftar formasi dan personalia Orwil sebagaimana terlampir. Sementara Orda juga terlampir.
Bagian lain dari dinamika organisasi adalah upaya sebelumnya menyempurnakan Orda dan Orsat. Di antaranya memberikan surat mandat kepada Orda-orda yang kosong kepengurusan karena pindah domisili, wafat dan hal lainnya. Upaya itu dilakukan berkali-kali tetapi berjalan sangat perlahan.
Terakhir telah dilakukan penurunan mandat lagi ke berbagai Kabupaten dan Kota untuk menyusun Orda. Alhamdulillah telah dilantik 10 Orda pada akhir  Desember 2017. Pelantikan langsung dipimpin oleh Ketua Umum MPP ICMI Orpus, Prof. Dr. H. Jimly Asshidiqie pada Sabtu Siang (23/12) di Gedung Kubung Tigo Baleh, Kota Solok, Sumatera Barat.
Terimakasih kepada Pemkot dan  Wali Kota Solok yang telah memberikan fasilitas penuh dan turut memberikan sambutan. Begitu pula terimakasih  kepada KAHMI Solok yang turut menjadi fasilitator pada pelantikan dan pengukuhan Orda-orda tadi.


III.  PELAKSANAAN PROGRAM KERJA
Program kerja yang menjadi produk Muswil 3, November 2006 dengan kepengurusan yang dikukuhkan dan dilantik Januari 2007, terdiri atas pembinaan organisasi, rapat-rapat, seminar, diskusi, kerjasama dengan pihak lain dan keikutsertaan dalam berbagai kegiatan pihak eksternal di Provinsi dan mengikuti berbagai kegiatan nasional Orpus dan pihak lain tingkat provinsi dan nasional.
Selesai diadakan Muswil November 2006, dikukuhkan dan  dilantik Januari 2007, pengurus melakukan konsolidasi organisasi, menyempurnakan kepenguruasan dan mereview kembali organisasi daerah dan badan otonom serta organisasi satuan. Kemudian mengikuti Silatnas dan Muktamar ICMI, Desember 2007.  
Di tingkat wilayah selalu pengurus memenuhi undangan berbagai pihak baik pemerintah, ormas, dan pihak lain. Begkitu pula pengurus dapat hadir dan berkonstribusi pada  Rapat Dengar Pendapat di DPRD Provinsi Sumbar dan kegiatan-kegiatan lain di Kota dan Kabupaten di Sumbar. Mencoba menjajagi kerjasama dengan Pemkab Agam untuk program i-Msjid yang diturunkan oleh Orpus. Begitu pula pembinaan PINBUK dan lain-lainnya
           
Untuk kegiatan nasional dan pusat, ICMI Sumbar selalu mengirim peserta pada Silaknas yang tiap tahun diadakan maupun muktamar yang diadakan  sekali 5 tahun. Silaknas yang dihadiri antara lain di Jakarta, Bogor, Kendari, Gorontalo, Lombok dan lain-lain. Muktamar yang dihadiri antara lain di Bogor 2010 dan di Lombok 2015. Kadang-kadang juga hadir pada seminar nasional dan pertemuan lain tingkat pusat baik oleh ICMI Pusat maupun pihak lain.
Daftar kegiatan terlampir.


IV. KEUANGAN
            Secara rasional, kegiatan organisasi tidak dapat dilaksanakan tanpa ada sumber dana yang tetap dan digunakan untuk melaksanakan kegiatan organisasi, pelaksanaan program kerja serta konsolidasi organisasi tingkat wilayah, ke daerah dan ke pusat.
            Akan tetapi untuk ICMI Sumbar, alhamdulillah kegiatan organisasi berjalan konsisten dengan  beberapa agenda dan kegiatan yang dapat dilaksanakan. Antara lain mengikuti berbagai kegiatan tingkat wilayah dan pusat. Melaksanakan kunjungan ke beberapa Orda. Semuanya itu dibiayai secara pribadi atau inisiatif masing-masing dan bantuan pihak lain yang tidak mengikat.

V. HUBUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL
            ICMI Sumbar secara orang peroangan maupun secara organisatoris selalu melakukan kontak dan hubungan formal dan informal dengan sesama warga dan pe ngurus maupun pihak lainnya.
Hubungan vertikal dan horizontal, baik secara struktural dengan pemerintahan, TNI dan Polri, maupun kultural dengan kalangan akademisi, PTN, PTS, dengan mass-media,  dengan persyarikatan dan organisasi professional dan fungsional, badan dan lembaga swadaya masyarakat lainnya, alhamdulillah berjalan baik dan kondusif. 
Daftar kegiatan terlampir (Catatan ada di  Sekretariat).

VI. KESIMPULAN DAN PENUTUP

1.     Kepengurusan ICMI Wilayah Sumbar terdiri atas Dewan Penasihat, Dewan Pakar dengan Komisi-komisi, Pengurus harian dengan Divisi-divisi.
2.     Kepengurusan sekarang adalah kepengurusan hasil Muswil November 2016 yang diputuskan menjadi kepengurusan 2017-2012,
3.     Oleh karena tidak dapat dilaksanakan Muswil pada tahun 2012, maka kepengurusan sebelumnya dianggap sampai Muswil berikut yang sekarang berlangsung untuk memilih pengurus periode berikutnya, 2018-2023.
4.     Program kerja berjalan relatif baik,  sederhana dan minimalis. Di antaranya pertemuan rutin, kunjungan internal beberapa Orda dan Orsat dan hadir menjadi peserta aktif pada berbagai forum di daerah dan pusat.
5.     Keuangan lebih banyak dari urun dan swadaya masing-masing pengurus dan kadang-kadang subsidi internal dan eksternal serta lembaga lain yang tidak mengikat.
6.     Hubungan internal dan eksternal  berjalan baik, kondusif dan dinamis.

Padang, 10 Maret 2018,
Ketua, Prof. Dr. H. Marlis Rahman, M.Sc.               
Sekretaris, Dr. H. Shofwan Karim Elha, MA

Lampiran 1.

MPW ICMI Sumbar 2007-2012
https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=7732445397655587018#editor/target=post;postID=4209795541985726160;onPublishedMenu=basicsettings;onClosedMenu=basicsettings;postNum=3;src=link


ORGANISASI WILAYAH
ICMI SUMATERA BARAT PERIODE 2007-2012

I. DEWAN PENASIHAT
Ketua : H.Gamawan Fauzi
Wakil Ketua : H. Leonardy Harmainy
Wakil Ketua : H. Surya Anwar
Sekretaris : H. Azmi
Anggota : H. Nasrun Haroen
H. K.R. Dt. P. Simulie
H. Nur Anas Djamil
H. Bgd M. Letter
H. Zuiyen Rais
H. Rusydi Lubis
H. Z. Mawardi Effendi
H. Sirajuddin Zar
H. Mustari Pide
H. Yunazar Manjang
H. Herman Nawas
H. Mohd.Ansyar
H. Amiruddin
H. Mas’oed Abidin
H.RB.Khatib Pahlawan Kayo
H. Basril Djabar
H. Usman Husen
H. Baharudin Raaban
H. Maidir Harun
H. Bachtiar Kahar
H. Zulkarnain Agus
H. Mahyeldi Ansharulah
H. Chatlinas Said
Hj. Meinar Hamid
Hj. Nur Ainas Abizar
Hj Yuliar Anas
Hj Mailiyarni Rusli
Hj Abrilius M

II. DEWAN PAKAR
Ketua : H. Fachri Ahmad
Wakil Ketua : H. Makmur Syarif
Wakil Ketua : H. Alfian Lains
Sekretaris : Firman Hasan
Wk Sekretaris : H. Jafrinur

KOMISI-KOMISI

A. Komisi Sosial dan kebudayaan
Ketua : Nurzaman Bachtiar
Sekretaris : Yulizal Yunus
Anggota : H. Wisran Hadi
H. Hawari Sidik
Damsar

B. Komisi Humaniora
Ketua : Mestika Zed
Sekretaris : Harris Effendi Tahar
Anggota : Aditiawarman
Armen Muchtar
Afrizal

C. Komisi Ilmu-ilmu Dasar dan Biotek
Ketua : Dayar Arbain
Sekretaris : Ali Amran
Anggota : Sanusi Ibrahim
Suhkyar Iskandar

D. Komisi Ilmu ke-Islam-an
Ketua : H. Edi Safri
Sekretaris : H. Salmadanis
Anggota : H. Bustanuddin Agus
: H. Duski Samad
: H. Yusri Yusuf

E. Komisi Teknologi dan Rekayasa
Ketua : Hj. Nurhajati Hakim
Sekretaris : Syahron Lubis
Anggota : Suhendrik Anwar
H. Muchayar
Badrul Mustafa Kemal

F. Komisi Sumber Daya Alam
Ketua : Hazli Nurdin
Sekretaris : Lutfri
Anggota : Ardinis Arbain
Ansopino

III. PENGURUS HARIAN
Ketua : H. Marlis Rahman
Wakil Ketua : H. Musliar Kasim
Wakil Ketual : H. Sufyarma Marsidin
Wakil Ketua : H. Arwan Kasri
Wakil Ketua : H. Guspardi Gaus
Wakil Ketua : Hj. Hayati Nizar
Sekretaris : H. Shofwan Karim
Wk. Sekretaris : H. Agus Irianto
Wk.Sekretaris : H. Zamhar Baheram
Wk.Sekretaris : Awis Karni
Wk.Sekretaris : Ulfatmi
Wk.Sekretaris : Rahmi Fahmi
Bendahara : H. Endang Irzal
Wk.Bendahara : H. Werry Darta Taifur
Wk.Bendahara : Emma Yohana

DIVISI-DIVISI
A. Divisi Pengembangan jaringan Organisasi, Kelembagaan dan Pemberdayaan Muslim
Kepala : Zaitul Ikhlas Saad
Anggota :
1. Fuadi Anwar
2. Dasril
4. Amrizal Anas
3. Virkozano

B. Divisi Pengembangan dan Pemikiran Agama
Kepala : H. Syaifullah
Anggota : 1. H. Eka Putra Warman
2. H. Zulmuqim

C. Divisi Pengembangan IPTEK, Ekonomi dan Kewirausahaan
Kepala : H. Syafruddin Karimi
Anggota : 1. Azwar Rasyidin
2. H. Edi Rasyid
3. Zirma
4. Darmansyah
5. Rio

D. Divisi Pengembangan Pendidikan dan Dakwah
Kepala : H. Syafruddin Nurdin
Anggota : 1. Yahya Jaya
2. Asasriwarni
3. H. Novirman Jamarun
4. Ilpi Zukdi
5. Hj.Hasnawirda

E. Divisi Pengembangan Kebudayaan
Kepala : H.M.Sayuti Dt.Rajo Panghulu
Anggota : 1. Halen
2. Irta Sulastri
3. H. Adi Bermasa
4. Elwis Nazar

F. Divisi Pengembangan Hukum dan HAM
Kepala : Elwi Danil
Anggota :
1. Miko Kamal
2. Saldi Isra
3. Rahmat Wartira
4. H. Ikhsan Yusda

G. Divisi Pengembangan Media dan Komunikasi
Kepala : H. Mufti Syarfi
Anggota :
1. H. Sutan Zaili Asril
2. H. Hasril Chaniago
3. Khairul Jasmi
4. H. Marjohan
5. H. Darlis Syofyan
6. Eko Yanche Edri

H. Dvisi Pengembangan Daerah Pesisir dan Pemberdayaan Nelayan.
Kepala : H. Mirwan Pulungan
Anggota :
1. H. Eni Kamal
2. Adrian Muis

I. Divisi Pengembanan Kesehatan dan Lingkungan Hidup
Kepala : H. Suchyar Iskandar
Anggota :
1. Raichul Amar
2. Nurhasan Syah
3. Syahril Amirudin

J. Divisi Pengkajian dan Pemberdayaan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK)
Ketua : H.M.Sayuti Dt.Rajo Panghulu
Anggota :
1. Boy Lestari Dt.Palindiah
2. Meyliarti Syarif
3. H. Muchlis Bahar

K. Divisi pengembangan kerjasama regional
Kepala : H. Helmi
Anggota :
1. H. Syahrial B Syarif
2. Yasrul Huda
3. Irwan Darwis

TIM FORMATUR MUSWIL IV
ORWIL ICMI SUMATERA BARAT TAHUN 2006

1. H. Marlis Rahman (Ketua)
2. H.Sufyarma Marsidin (Anggota)
3. H.Shofwan Karim Elha (Anggota)
4. H. Werry Darta Taifur (Anggota)
5. H. Awis Karni (Anggota)






Comments

Popular posts from this blog

Selamat Jalan Adinda Anwar Syarkawi

Kunci Kekuatan Taliban

Ini Bukan Sekedar Perayaan